cara cegah pedofil

Gamblang Berikan Edukasi, Cegah Pedofil Sejak Dini

Beberapa waktu yang lalu, sempat geger masalah pedofil di Indonesia. Tentunya sebagai orang tua yang memiliki anak, kita tidak ingin anak kita menjadi korban pedofil. Banyak sekali kasus-kasus mengenai pedofil di Indonesia ini, bahkan sampai ada akun grup di salah satu sosial media facebook, yang anggota-anggotanya adalah orang-orang yang pedofil. Kita sebagai orang tua tentunya ingin melindungi putra-putri tercinta kita, akan tetapi apakah akan selama 24/7 kita berada di sisi mereka?

Beberapa orang percaya bahwa instansi pendidikan adalah jawaban yang tepat, namun tetapi tidak sedikit berita di televisi yang menyatakan bahwa kasus pedofil juga dapat terjadi di sekolah. Seperti kasus sebuah sekolah internasional dimana OB melecehkan anak, bahkan ada juga guru yang terlibat. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan, karena tentunya kita tidak dapat meninggalkan pendidikan anak begitu saja, lalu memutuskan untuk tidak menyekolahkan mereka.

Tentunya hal itu bukanlah keputusan yang baik, mengingat anak-anak usia playgroup-SD pasti membutuhkan teman untuk membantunya berkembang. Jika tidak, maka bisa saja anak kita menjadi seorang yang anti-sosial. Tentunya kita sebagai orang tua tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan? Karena itu sebaiknya kita sebagai orang tua harus memberikan pendidikan pada anak, sekaligus berusaha untuk tidak memancing kesempatan bagi para pedofil diluaran sana.

Kita sebagai orang tua seharusnya berani dan tidak malu untuk mengajarkan anak pendidikan seksual sejak dini. Memang awal mulanya kita akan merasa canggung, dan mungkin akan kewalahan dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan anak kita, akan tetapi Anda harus bersabar dalam menyikapi mereka. Jaga intonasi dan tutur kata agar tidak terkesan memaksa dalam mengajarkan pada anak.

Kita sebagai orang tua, tidak sebaiknya banyak memamerkan foto-foto anak kita di media sosial. Sekarang ini media sosial seperti instagram dan facebook adalah media bagi hampir semua kalangan masyarakat untuk tetap eksis. Nah, sebagai orang tua kita harus menahan diri untuk tidak banyak memposting foto anak kita, apalagi foto-foto yang menunjukkan mereka setelah mandi, atau yang bahkan tidak mengenakan pakaian.

Selain edukasi seksual sejak dini, tanamkan pada anak untuk menjadi tegas. Jika ada seseorang yang ingin atau sedang menyentuh bagian kelaminnya, maka ajarkan anak untuk menolak, dan segera melapor ke orang dewasa lain terdekat (jika dalam keadaan tidak bersama orang tua). Jika sudah begitu, setidaknya si pelaku akan sadar bahwa anak ini paham, dan besar kemungkinan bahwa ia akan mengadu pada orang tuanya nanti.

Tidak semua instansi pendidikan itu buruk, jika memang Anda menjadi paranoid karena berita-berita lalu, maka sebaiknya Anda mencari instansi pendidikan yang juga mengajarkan pendidikan seksualitas sejak dini. Dengan begitu semakin kecil kemungkinan anak Anda akan mengalami kekerasan seksual yang berunsur pedofil.

Default image
Wahyu Surya Adi Raharja
A writer

Leave a Reply