Mengapa Nadiem Makarim CEO Gojek Mau Menjadi Menteri?

Update
Nadiema Kariem

Nadiem Makarim mantan CEO Gojek resmi menjadi menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud). Ia akan bertanggung jawab akan pendidikan formal mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Nadiem Makarim mengatakan sebagai Mendikbud dia akan menjalankan visi Presiden Jokowi dalam pendidikan, menciptakan link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Penunjukan Nadiem sebagai Menteri Pendidikan Kebudayaan diumumkan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pengumuman dilakukan tiga hari setelah Jokowi dilantik sebagai presiden di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10/2019). Sebelumnya, Jokowi telah memanggil calon menteri ke Istana Kepresidenan selama dua hari, Senin dan Selasa.

Pasar merespons positif kemunculan calon-calon menteri muda ini yang juga inisiator Startup Indonesia. Para pengusaha muda yang akan bergabung di kabinet, dianggap menjadi pilihan ideal untuk mewakili generasi muda dalam pemerintahan Jokowi lima tahun mendatang.

Namun, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti, mengingatkan karakter pemerintahan yang birokratis-administratif, bisa jadi kendala bagi wajah-wajah baru yang berasal dari kalangan profesional ini.


Img src Kompas

You must be logged in to post a comment.
Previous Post
5 Alasan Kopi Itu Baik: coffe is love, coffe is life
Next Post
3 Topik Tepat Saat Pillow-Talking: Semakin Mesra dengan Si Dia
Menu