Phobia Berbahaya

Ini Dia 5 Phobia Berbahaya yang Dianggap Mematikan

Setiap manusia memang biasanya cenderung memiliki ketakutan tersendiri dalam diri mereka. Entah apapun itu, bisa dalam bentuk hewan, situasi, hantu, atau yang lainnya. Hal itu bukannya tidak wajar, karena memang tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Namun, hal ini dapat menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan jika rasa takut yang dimiliki seseorang sudah melebihi batas wajar.

Rasa takut berlebihan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Phobia” ini memang kerapkali meresahkan baik penderitanya maupun orang-orang lain disekitarnya. Belum lagi jika mengidap phobia yang cukup parah atau akut. Bahkan tidak jarang ditemukan orang yang meninggal dikarenakan phobia yang mereka idap. Berikut adalah beberapa jenis phobia yang mematikan, yang bisa membuat pengidapnya mati.

Somniphobia

somniphobia

Somniphobia dapat dikatakan sebagai insomnia tingkat selanjutnya. Jika insomnia membuat orang tidak bisa tidur (sedangkan mereka ingin tidur), Somniphobia membuat orang tidak mau tidur. Hal ini karena muncul beban akibat hidup (kerja, sekolah, dll) dan kemudian akan terbawa sampai ke mimpi saat tidur. Karena itulah si pengidap Somniphobia sebisa mungkin menghindari untuk tidur, dan berusaha agar tetap terjaga. Jika dibiarkan terlalu lama, phobia yang satu ini dapat menjadi mematikan karena kurangnya asupan tidur yang cukup pada si pengidap.

Mysophobia

Mysophobia

Mysiphobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan kepada kuman dan bakteri yang ada disekitar kita. Phobia ini sering juga dikaitkan dengan OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. Rasa ketakutan ini akan berimbas pada sebuah kondisi psikis dimana pengidap akan sangat terobsesi pada kebersihan dan kerapihan benda yang ada disekitarnya. Memang terdengar sepele, tetapi jika akut, maka phobia ini dapat mengakibatkan seseorang mengurung diri di dalam rumah atau bahkan kamarnya karena takut akan kuman dan bakteri yang ada di luar rumahnya yang dianggapnya bersih.

Heliophobia

Heliophobia

Heliophobia adalah rasa takut akan sinar matahari, ya, takut akan sinar matahari. Pengidap Heliophobia akan takut untuk terpapar sinar matahari secara langsung layaknya vampir. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tiba-tiba terkena Heliophobia, namun yang paling parah adalah menyebabkan pengidapnya takut untuk keluar rumah dan menghindarinya. Jika terus dibiarkan tanpa penanganan, bayangkan apa yang dapat terjadi pada si penderita. Terus-menerus di rumah tanpa melakukan aktifitas outdoor dan kekurangan udara segar.

Cibophobia

Cibophobia

Cibophobia adalah takut makan. Walaupun mungkin terdengar aneh, namun masih ada orang yang begitu berusaha agar ia tak perlu makan karena ia membenci makan. Contoh kasus dari phobia ini dapat kita tengok dari kejadian yang menimpa Charlotte Robinson, dimana ketakutannya akan makan membuatnya harus mengalami anerexia parah dan kehilangan berat badannya hingga separuh lebih (38 kg dari semula 76 kg). Tubuh gadis malang itu akhirnya tidak sanggup menahan mal nutrisi yang berkepanjangan dan akhirnya ia meninggal di usia 18 tahun di tahun 2008 lalu.

Thanatophobia

Thanatophobia

Thanatophobia adalah ketakutan yang intens dan irasional terhadap kematian. Orang dengan Thanatophobia menanggapi pengetahuan ini secara berlebihan. Dalam kasus yang lebih ekstrim, orang Thanatophobic mungkin gemetar, mendapatkan serangan mati rasa, berkeringat, kehilangan napas mereka, dan merasa mulut menjadi kering mereka karena fobia ini. Ketakutan yang berlebihan dari kematian dapat menghambat kehidupan sosial seseorang, membuat stres, dan mengurangi produktivitas membuat phobia ini menjadi salah satu yang mematikan.

Default image
Wahyu Surya Adi Raharja
A writer

Leave a Reply