Game Mengasah Otak

3 Hobi Yang Mengasah Otak dan Terbukti Secara Ilmiah

Kita memang biasanya memiliki hobi, bahkan tergantung dari sisi mana kita mendefinisikan hobi, semua orang dapat dipastikan memiliki hobi. Entah mungkin itu hobi mengkoleksi suatu barang, mengeksplorasi tempat baru, atau hanya sekedar tidur siang juga dapat dikatakan sebagai hobi lho. Hobi juga merupakan sebuah cara yang baik untuk melepas stress dan membuat kita senang, asalkan positif ya guys, jangan jadikan suatu yang negatif menjadi hobi.

Hobi dapat menjadi bermacam-macam, seperti hobi dari para digital agency Indonesia yang ingin memuaskan para pelanggannya, atau penyayi yang ingin menyenangkan fansnya, hal itu juga dapat disebut sebagai hobi lho. Tapi tahukah kalian jika ternyata ada hobi yang dapat membuat otak kita semakin tajam? Ya, terbukti dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, beberapa hobi berikut ini terbukti dapat mengasah otak kita.

Menulis

Bagi kalian yang hobi menyalurkan perasaan atau pemikiran kalian melalui tulisan sebagai sebuah hobi, hal ini merupakan sesuatu hal yang positif dan sangat baik untuk kalian lho guys. Menulis cenderung melelahkan, karena selain mengasah otak, kita juga membutuhkan konsentrasi dalam menulis. Akan tetapi hal itu tidak berlaku jika kalian sudah terbiasa menulis. Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal kesehatan Psychological Science, hobi menulis (apalagi dengan tangan) dapat membantu kita untuk memahami dan menyimpan lebih banyak pengetahuan (berdasarkan apa yang kita tulis) dalam jangka waktu yang lama.

Olahraga

Beberapa jenis olah raga ternyata juga dapat mengasah otak kita lho guys. Meskipun memang kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan fisik, akan tetapi efek atau dampak yang ditimbulkan pada otak cukup mengejutkan. Seperti yang dilansir dari penelitian di Harvard Medical School pada tahun 2013. Olah raga, khususnya aerobik, ternyata dapat merangsang pelepasan molekul yang bernama irisin pada otak, dan ini dapat membantu otak kita untuk meningkatkan fungsi kognitif, dan menghindari penuaan diri pada otak, atau menjadi tidak mudah lupa.

Obsesi

Dalam konteks ini, obsesi yang dimaksud adalah keinginan, ketertarikan, atau juga tujuan hidup akan sesuatu hal yang kuat dan usaha kerja keras dalam mencapai sesuatu. Kesuksesan juga dapat dilandasi dengan obsesi yang jelas (dan tetunya obsesi positif). Penelitian yang dilakukan Harvard Business Review menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki rasa keingin-tahuan yang besar dan dapat membuka diri untuk sesuatu yang baru, biasanya memiliki kemauan untuk belajar yang kuat di dalam dirinya. Hal ini menyebabkan otaknya terus berkembang dan terasah secara tidak langsung.


Image src Pixabay

Default image
Asikin Aja
Asikinaja.com - Informasi Kekinian

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

  • Sign up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.